Mittwoch, 30. April 2008

Video Selingan

video

Vivie and Basuki

Dienstag, 29. April 2008

Puding Busa Nangka


Bahan :
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 350 gr daging nagka matang
  • 550 ml santan
  • 2 putih telur
  • 150 gula pasir
  • 1/8 sdt garam


Caranya :

  1. Campur santan dengan agar-agar sambil di aduk.
  2. Setelah itu masukkan gula dan aduk hingga larut, setelah larut masukkan potongan nangka dan aduk kembali hinga mendidih, lalu sisihkan.
  3. Kocok putih telur hingga kaku, setelah kaku tuangkan adonan agar-agar tadi sedikit demi sedikit dan kocok lagi sebentar.
  4. Setelah rata dan mengembang tuangkan dalam cetakan dan sajikan dengan saus vanille.

Ikan Bumbu Balado


Bahan :

  • 1 kg ikan makarel
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • garam secukupnya
  • Minyak sayur untuk menggoreng
  • 2 buah tomat merah
  • 2 sdm minyak sayur untuk menumis
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bumbu :

  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah


Cara membuat :
  1. Bersihkan ikan, cuci dan goreng hingga menguning
  2. Tumis bumbu kasar hingga harum, setelah harum masukkan tomat yg sudah di potong-potong.
  3. Setelah itu masukkan ikan, aduk sampai bumbu menjadi rata.

Rawon


Bahan :

  • 250 gr daging sapi berlemak
  • 1 lt air
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 10 cm serai, memarkan
  • 1 sdm gula pasir
  • garam secukupnya

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt merica
  • 5 buah kluwek, rendam terlebih dahulu sampai empuk


Cara membuat :
  1. Rebus daging dalam 500 ml air sampe empuk, buang buihnya, potong dadu, masukan kembali ke airnya.
  2. Tambahkan 500 ml air,didihkan
  3. Masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, garam, dan gula, didihkan sebentar
  4. Angkat, sajikan panas ditaburi tauge, bawang daun, dan bawang goreng.

Menunya Patrick


Kolak Pisang


Kolak pisang ini mengingatkan aku pada mbak Suripah si penjual pecel depan rumah karena kolak pisang atau biasa di sebut kolak setup buatan mbak Suripah paling enak apalagi kalau di campur sama bubur seperti bubur ketan item, bubur sagu atau bubur lainnya.
Pecel dan kolaknya mbak Suripah terkenal di Semarang sampai pernah masuk koran Suara merdeka karena saling enaknya, kalau siang wah yang nagkring di situ dari yang jalan ampe naik mobil mewah ada semua sampe antri lama juga mereka sabar karena pengen menikmati pecel dan kolaknya.




Bahan :
  • 5 buah pisang kupas, potong-potong ca 2 cm
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 biji kayu manis/ 1 sdm kayu manis bubuk
  • 250 gr gula merah (kurang lebih)
  • air secukupnya

Caranya :

  1. Potong2 Pisang sesuai selera
  2. Rebus dalam air sampai terendam bersama pandan, kayu manis, gula pasir hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih masukkan pisang yang sudah di potong-potong dan biarkan sejenak lalu angkat. (Pisang di masukkan paling ahkir karena cepat lunak)

Sonntag, 27. April 2008

Chicken Wings

Cuaca bagus hari ini makanya aku dan Patrick main sepedaan di luar lagi pula hubby juga nggak ada karena tadi pagi dia berangkat ke Dresden untuk beberapa hari, daripada benggong di rumah makanya cari udara segar di luaran sambil mainan ama si Bucil (bule kecil).

Untuk menu hari ini nggak ada yang istimewa karena hubby nggak ada makanya aku bikin Chicken Wings aja yang gampang dan cepat lagian Patrick juga doyan pokoknya kalau hubby tugas keluar cari menu yang simple-simple aja di rumah terutama yang berbau fisch.


Bahan :

  • 5 buah Chicken Wings
  • 1 butir telur
  • 2 sdm tepung terigu
  • 30 ml susu cair
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • maggi atau masako

Caranya :

  1. Cuci bersih chicken wings lalu rendam kedalam telur yang sudah di campur bumbu seperti garam, merica, dan masako biarkan sejenak supaya bumbunya meresap ke dalam daging.
  2. Setelah meresap campur tapung dan susu menjadi satu sebelum di goreng dalam minyak panas oleni chicken wings ke dalam tepung tadi dan goreng hingga kering.

Samstag, 26. April 2008

Manisan Mangga


Kemaren jalan-jalan ke centrum ama hubby dan Patrick karena cuaca lumayan bagus walau anginnya agak kenceng tapi enjoy aja yang penting kering dan nggak ujan.

Abis mainan ama Patrick komedi putar kita mampir ke Asia Shop biasa buat belanja keperluan dapurnya Schlueter, waktu lihat sayuran di regal aku menemukan buah kesenanganku jaman masih gadis yaitu buah mangga muda yang masih putih dagingnya. Jadi inget jaman school dolo kalau abis pulang barengan temen pasti jambangi tuh pohonnya tetangga yang manganya bergelantungan keluar pagar jadi gampang ngambilnya dan makan sama garem atau di rujak hmm....(ngeces dot com).

Kalau disini lumayan mahal mangga mentah gitu tapi namanya doyan yah beli aja daripada ngiler kata orang jawa dan biasanya aku lebih suka di buat manisan mangga.


Bahan :
  • 2 mangga muda
  • 3 sdt gula secukupnya
  • 1 sdt garam secukupnya
  • sedikit air matang

Caranya :

  1. Kupas kulit mangga, cuci bersih dan potong tipis-tipis.
  2. Setelah itu remas potongan mangga tadi dengan garam hingga layu, setelah layu tambahkan gula dan air sedikit lalu remas kembali hingga rata.
  3. Setelah di cicipi sesuai selera masukkan kedalam lemari es karena lebih enak kalau dingin
  4. Dapat di tambahkan dengan potongan cabe merah bagi yang suka pedas.

Mittwoch, 23. April 2008

Menunya Schlueter


Karena hari ini nggak ada IDE mo masak menu apa? makanya nyari-nyari apa yang ada di rumah di kreasiin aja asalkan dapurnya ngebul, peyut kenyang dan hati menjadi senang. Untuk itu binggung mo ngasih judul menunya apa jadi cuma begitu aja nulisnya.

Bahan :
  • 1 kg daging sapi
  • 300 gram brokoli yang udah di potong kecil-kecil
  • 300 wortel yang sudah dipotong kecil-kecil
  • 500 gram asparagus yang sudah di rebus
  • 100 saus Hollandaise yang udah jadi
  • 300 gram ham
  • 3 sdm mustard
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • margarin untuk menggoreng daging.

Caranya :

  1. Potong daging sesuai selera lalu olesi dengan mustard, merica dan garam secukupnya setelah itu panaskan margarne dan goreng jangan sampai keras.
  2. Rebus brokoli, asparagus dan wortel secara bergantian jangan terlalu lembek dalam air yang sudah di beri garam (jangan terlalu banyak).
  3. Setelah semua sayuran lunak tiriskan lalu bungkus asparagus dengan ham tadi dan goreng sebentar sampai hamnya berubah warna.
  4. Panaskan saus Hollandaise dan tambahkan dengan merica, garam dan penyedap rasa secukupnya.

Nanas Karamel


Bahannya :
  • 3 biji nanas
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm margarine
  • 1/2 sdt kulit jeruk

Caranya :
  1. Olesi nanas dengan gula pasir hingga rata, setelah rata panaskan margarine.
  2. Setelah panas masukkan parutan kulit jeruk tadi lalu aduk sebentar, setelah itu masukkan nanas yang sudah di olesi gula pasir tadi goreng hingga keluar karamelnya.
  3. Setelah keluar karamelnya dan nanas agak coklat angkat dan sajikan dengan saus vanile atau saus strawberry.

Rujak nanas



Bahan :

  • 1 buah nanas yang susdah di kupas kulitnya
  • 1sdt garam
  • 100 gram gula jawa
  • 1sdt terasi yang sudah di goreng
  • 3 biji cabe merah
  • 50 ml air matang
  • 2 sdm cuka
Caranya :
  1. Potong-potong nanas sesuai selera.
  2. Blender semua bumbu yang ada setelah itu campur ke dalam nanas tadi dan letakkan di lemari es sebelum di sajikan, karena lebih enak di santap bila dingin.

Dienstag, 22. April 2008

Cup Brokoli Panggang



Brocoli Cup ini aku dapet iklan dari jeng Mel....yang ternyata ilmunya dapet dari jeng Judith yang tinggal di Swiss weleh..uenaknya rek....sampe kiyer-kiyer makannya, dan tadi pagi hubby bawa buat bekal makan siang di kantor dan si BUCIL (bule kecil) untuk bekal Kindergarten seep...seep Danke ya Judith.


Bahan :

  • 7 btr. kentang ukuran sedang, rebus dan haluskan bersama 2 sdm. mentega.
  • 2 buah wortel, kupas dan potong2 dadu (kecil).
  • 150 gr. brokoli, cuci bersih dan petik2 per batang.
  • 1 btr. telur ayam.
  • 3 sdm. tepung terigu + 2 sdm. maizena.
  • Daun bawang dan seledri secukupnya, iris halus.
  • Keju parut secukupnya, untuk taburan diatas.
  • 200 ml. susu cair.
  • Minyak goreng secukupnya untuk mengoles.

Bumbu :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1/2 sdt. lada bubuk & pala bubuk
  • 1 sdt. garam halus
  • 1 sdt. kaldu sapi instant / tambahkan bumbu lain sesuai selera.
  • 1 sdm. minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat :

  1. Campur kentang yang telah dihaluskan dengan susu cair, telur ayam, wortel, seledri dan daun bawang hingga rata. Masukkan kemudian terigu dan maizena aduk kuat hingga rata. Sisihkan.
  2. Sementara itu haluskan kedua macam bawang kemudian tumis hingga harum, angkat dan tuangkan kedalam adonan kentang tadi, aduk hingga rata. Masukkan sisa bumbu yang lain sambil terus aduk hingga rata. Siapkan cetakan cup dan olesi masing2 cetakan dengan minyak goreng.
  3. Tuangkan adonan secukupnya dalam cetakan dan selipkan 1 batang brokoli pada bagian tengah adonan dan taburi parutan keju diatasnya, begitu seterusnya hingga adonan habis. Panggang dalam oven 180° temperatur, hingga matang kecoklatan.

Bakwan Sayur Campur Udang


Bahan :
  • 500 gr tauge
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 buah telur ukuran sedang
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • bumbu penyedap lainnya
  • 3 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • minyak goreng
  • cabe rawit


Cara membuat :
  1. Campur semua bahan dan aduk sampai rata, setelah itu masukkan air sedikit demi sedikit sampe adonan menjadi siap untuk di goreng (jangan terlalu lembek atau kental).
  2. Setelah itu panaskan minyak dan goreng hingga menguning lalau angkat dan tiriskan
  3. Dapat di sajikan dengan sambel botolan atau cabe rawit.

Montag, 21. April 2008

Dadar Gulung Coklat



Bahan :

Untuk kulit:
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 25 cc air daun suji/air biasa
  • 200 cc santan
Untuk isinya :
  • 150 gram kelapa parut
  • 150 gram gula merah
  • 100 cc air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Caranya :

Untuk isinya :
  1. Campur semua bahan aduk hingga rata lalu masak hingga matang hingga air terserap abis lalu angkat dan dinginkan.

Untuk Kulitnya :

  1. Campur tepung terigu, telur, garam, coklat dan air daun suji atau air biasa aduk hingga rata, setelah rata masukan sedikit demi sedikit santan ke dalam adonan sambil aduk terus hingga adonan halus.
  2. Setelah rata dadar tipis adonan tadi dengan garis tengah 20 sm, lalu sisihkan dan dinginkan.
  3. Ambil dadar adonan tadi dan isi dengan adonan kelapa tadi lalu gulung.

Spaghetti Carbonara



Bahan :

  • 500 gram spageti
  • 50 gram whipped cream
  • 200 ham
  • 1 siung bawang bombay
  • 2 sdm margarine
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 biji daun bawang
  • 500 liter air
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • penyedap rasa lainnya

Caranya :


  1. Panaskan margarine tumis bawang bombay hingga harum setelah itu masukan potongan ham tadi aduk jangan sampe kering, setelah itu masukkan air dan tepung maizena dan aduk rata.
  2. Setelah itu masukan whipped cream dan daun bawang yang udah di potong-potong biarkan hingga matang dan kental.
  3. Rebus spaghetti dengan air lalu sajikan.

Paprika Isi Daging



Bahan :
  • 5 potong Paprika warna warni
  • 500 gr daging cacah
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang bombay
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm Mustard
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • penyedap rasa lainnya

Caranya :

  1. Bersihkan paprika dalamnya lalu cuci hinga bersih.
  2. Campur daging, mustard, garam, merica, telur aduh dengat tangan hingga rata, setelah itu masukkan kedalam paprika tadi
  3. Setelah itu goreng kedalam minyak hinga agak layu, setelah layu tiriskan
  4. Setelah itu sisa minyaknya di campur dengan tepung terigu lalu aduk rata setelah itu masukan air untuk melarutkannya.
  5. Setelah itu masukkan garam, merica dan bumbu penyedap lainnya lalu masukkan papirka tadi biarkan hingga matang.
  6. Sajikan dengan kentang yang sudah di rebus.

Samstag, 19. April 2008

Bubur Mutiara Hijau


Kemaren telponan sama jeng Mel.....ngomongin soal Bubur Ayam, aku sih nggak begitu suka ama bubur ayam walau udah nyoba tapi kurang sreg di hati makanya dah sampe situ aja alias putus hubungan sama bubur ayam. Kalau di Semarang yah....yang terkenal ya bubur ayam yang suka nongkrong di bunderan Simpang Lima tuh yang jual juga udah lupa namanya karena bukan fansnya he..he..he...cuma tau aja kalau situ laris manis tiap pagi dari yang jalan, naik sepeda, becak, angkot, kendaraan sampai mobil pribadi pada antri.

Ngomongin soal bubur....aku jadi kepengen alias kemecer ngiler makanya tadi pagi abis jalan-jalan ke Centrum aku mampir ke Asia Shop mo bikin bubur ketan item .......tapi malang sungguh malang ternyata ketan itemnya nggak mau daku beli alias dah di beli orang pada jam yang sama huahuahuhau (nangis kejer), hmm.....kalah cepet nih daku dengan dirinya untuk memperrebutkan ketan item, daripada kecele aku ambil aja bubur mutiara ini untuk pengobat luka karena ketan item hicks.


Bahan :
  • 200 gram mutiara hijau
  • 500 liter air
  • 500 cc santan cair
  • 30 gram gula pasir
  • 100 gram nangka matang
  • 1 bungkus vanille
  • 2 batang daun pandan
  • garam secukupnya

Caranya :

  1. Rebus mutiara, gula, daun pandan dan vanille kedalam air hingga mengental dan lembek, aduk terus supaya tidak nempel.
  2. Rebus santan cair , daun pandan dan nangka matang yang sudah di porong-potong dadu tambahkan sedikit garam dalam santan.
  3. Aduk terus hingga matang dan lembek lalu angkat dan sajikan

Coklat Eggnog Cream


Bahan :
  • 2 butir kuning telur
  • 75 gram gula pasir
  • 200 cc susu cair
  • 1/2 sendok teh kayu manis
  • 2 sdm Coklat bubuk
  • 1 sdm rum
  • 1/4 sdt parutan kulit jeruk
  • whipped cream

Cara membuat :

  1. Kocok kuning telur dan gula hingga mengembangdan kental lalu pindahkan keblender.
  2. Sebelum di blender tambahkan susu yang sudah di panaskan sedikit demi sedikt kedalam kocokan telur tadi dan blender.
  3. Setelah itu masukan kayu manis bubuk, coklat bubuk, rum dan blender sebentar.
  4. Setelah itu tuangkan dalam cangkir/gelas sajikan dan semprotkan whipped cream di atasnya.

NB : Bila tidak meyukai telur bisa di ganti dengan es cream vanila

Freitag, 18. April 2008

Semur Campur




Bahan :
  • 5 butir telur rebus hingga keras
  • 5 potong paha ayam rebus hingga empuk
  • 5 butir kentang kupas, iris dan goreng
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 lt air
  • 1/2 sdt gula pasir
  • garam sesuai seler
  • penyedap rasa sesuai selera
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 sdm minyak sayur untuk menumis
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 1/2 pala bubuk

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu bawang merah dan putih hingga harum.
  2. Tambahkan bumbu halus aduk sampe berubah warna.
  3. Masukkan air, biarkan mendidih.
  4. Masukkan ayam dan telur biarkan hingga mendidih.
  5. Masukkan kecap dan sisa bumbu, aduk sebentar lalu terahkir masukan kentang yang sudah di goreng tadi lalu angkat.

Bolu Pandan




Bahan :

  • 6 butir telur ayam
  • 250 gr tepung terigu all purpose/protein rendah
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt emulsifer (opt)
  • 1 sdt essence pandan atau lebih (tambah pewarna hijau sedikit jika essence pandan tidak hijau)
  • 100 gr mentega
  • 150 ml santan sedang kentalnya
  • 225 gr gula pasir (1 cup)

Cara membuat :


  1. Lelehkan mentega, biarkan hangat kuku, campur dengan santan, dan essence pandan.
  2. Olesi loyang (diameter 9 inch) dengan mentega, taburi sedikit terigu, sisihkan.
  3. Panaskan oven 180 Grad.
  4. Campur terigu dan baking powder.
  5. Kocok telur, cake emulsifer, dan gula pasir sampai mengembang ringan dan warnanya pucat, pake mixer highspeed sekitar 15 menit.
  6. Masukkan terigu dan larutan mentega sedikit2 bergantian sambil diaduk pake spatula, sampai semua bahan tercampur, setelah tercampur tuang ke dalam loyang.
  7. Oven sampai matang, sekitar 30 menit, periksa pake tusukan sate kalau sudah kering bolunya angkat.

Bihun Goreng


Tadi siang temennya Patrick dateng ama mamanya mo maen ke rumah ya wis......kebetulan aku masih ada Lapis Surabaya jadi nggak usah bikin roti lagi. Karena abis pulang dari Kindergarten pasti mereka pada laper makanya untuk cepat dan kilat aku bikinin Bihun Goreng aja yang gampang dan cepat saji jadi nggak pada kelaperan tamunya.




Bahan :

  • 500 gram bihun
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang bombay
  • lembar kubis
  • 3 buah wortel
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 lembar caisim
  • 1 tangkai bawang daun
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdm minyak sayur untuk menumis

Caranya :

  1. Rendam bihun dalam air dingin biarkan hingga lunak
  2. Potong-potong wortel, kol dan daun bawang sesuai selera
  3. Tumis bawang putih sampe harum, tambahkan kubis, wortel aduk sampe layu
  4. Setelah layu masukan bihun yang sudah di rendam tadi, lalu tambahkan juga semua bumbu merica, kecap, caisim, dan daun bawang, aduk rata
  5. Dapat di sajikan dengan taburan bawang merah goreng di atasnya atau telur dadar yang sudah di potong potong.

Sambel goreng

Mama di Indo suka bikin sambel beginian tapi aku nggak tau apa namanya setahuku ya sambel yang di goreng gitu aja, tapi aku seneng bikinnya karena awet jadi kalau bikin sekalian banyak terus masukin kulkas jadi kalau butuh tinggal ambil aja nggak perlu mesti buat yang seger mengingat aku juga nggak punya cowek jadinya aku blender aja lebih cepet, trus kalau ada Persekutuan Doa biasanya aku yang bawa sambel ama kerupuk udang sampe pada manggil jeng sambel.

Bahan :

  • 300 gram cabe merah
  • 100 gram bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 1 sdm terasi goreng
  • garam secukupnya
  • gula jawa secukupnya
  • minyak untuk mengoreng

Caranya :

  1. Goreng cabe merah, tomat dan bawang merah yang sudah di potong-potong hingga lembek
  2. Setelah lembek angkat dan blender bersama terasi, garam dan gula sambil di cicipi kurang apa??
  3. Setelah halus goreng kembali dengan minyak supaya sambelnya awet dan tahan lama.

Donnerstag, 17. April 2008

Lapis Surabaya


Waktu Di bawain Melanie lapis surabaya aku jadi jatuh cintrong ceilehh........kayak apaan aja pake jatuh cintrong segala??? abisnya emfuk buanget sih ampe nggak terasa waktu gigitnya makanya enak aja makannya ngirit ngunyah gethuu.

Ahkirnya ku beranikan diri hari ini untuk mencoba sendiri membuat Lapis Surabayanya setelah tanya-tanya Melanie kemaren, karena aku nggak punya loyang kotak makanya aku pake loyang bunder aja beyes ngapain pusing-pusing nyari loyang kotak kalau lagi mendadak gini.

Makanya kemaren mampir ke blognya Ayin coba catet tuh resep Lapis Surabayanya Thanks yo Yin....dah tak contoh resepnya, dan ini nih hasilnya yang kurang memuaskan kalau menurutku he..he..he.. (namanya juga usaha?).

Bahan :


**Bahan untuk lapisan kuning :
  • 5 buah kuning telur
  • 3 buah putih telur
  • 80 gram gula pasir
  • 1 sdt Ovalet
  • 50 gram tepung terigu
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt vanili
  • 50 gram margarine yang sudah di lelehkan

**bahan untuk lapisan coklat :

  • 5 buah kuning telur
  • 3 buah putih telur
  • 80 gram gula pasir
  • 1 sdt Ovalet
  • 45 gram tepung terigu
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt vanili
  • 50 gram margarine yang sudah di lelehkan
  • 15 gram coklat bubuk
  • Selai strawberry untuk olesan

Caranya :

  1. Kocok telur, gula,ovalet sampai putih mengembang
  2. Masukan tepung terigu, vanili, susu bubuk sambil di aduk rata
  3. Tuangkan margarin yang sudah di lelehkan sambil di aduk perlahan
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah di alasi dengan kertas roti dan di olesi dengan margarine.
  5. Oven dengan suhu 180° selama 20 menit
  6. Lakukan hal yang sama unutk lapisan coklatnya
  7. Oles permukaan lapisan kue kuning dengan selai strawberry lalau tumpuk dengan lapisan kue coklat, setelah agak dingin potong dan sajikan.

Jagung manis pedas


Bahan :
  • 200 gram jagung kaleng
  • 1 sdm margarine
  • 1 sdt madu
  • 2 buah cabe merah
  • 1 siung bawang putih
  • 50 gram keju tabur

Caranya :

  1. Panaskan margarine dan tumis bawang putih, cabe hingga harum lalu masukan jagung yang sudah di tiriskan airnya.
  2. Setelah harum masukkan madu kedalam jagung dan aduk rata.
  3. Setelah rata dan matang angkat dan sajikan dengan taburan keju di atasnya.

Ravioli saus tomat


Bahan :
  • Ravioli beli jadi
  • 100 gram sus tomat
  • 2 bawang bombay
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1 sdm margarine

Caranya :

  1. Tumis bawang bombay yang sudah di iris-iris dengan margarine.
  2. Setelah harum masukan ravioli dan aduk rata , setelah itu masukan saus tomat dan semua bumbu yang ada masak hingga matang.

Mittwoch, 16. April 2008

Lobster masak mentega



Kemaren belanja di REWE lihat Hummer (Lobster) jadi pengen, padahal udah bayangin gimana entar ribetnya buka itu kulitnya, tapi nggak popo namanya juga pengen kaya ibu halim eh...hamil yang lagi ngidam aja makanya ambil dan bergegas menuju kasir sebelum berubah haluan beli yang lain.

Sampai di rumah bener-bener binyung juga mo di apain tapi ahkirnya jadi juga dengan bumbu asal-asalan.




Bahan :


  • 500 gram Lobster
  • 100 gram mentega
  • 2 daun seleri
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus ikan


Bumbunya :


  • 3 buah bawang merah
  • 1 buah bawng bombay
  • 2 buah bawang putih
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya


Caranya :

  1. Rebus Lobster tadi dalam air panas yang di kasih garam selama 30 menit.
  2. Setelah matang dinginkan lalu pisahkan daging lobster dari kulitnya.
  3. Tumis semua bumbu yang udah di iris-iris hingga harus, setelah harum masukkan daging lobster tadi di campur dengan tomate yg udah di potong-potong, saus tiram dan saus ikan tambahkan sedikit air dan aduk hingga rata.
  4. Setelah rata masukan daun seleri dan mentega aduk hingga rata dan angkat.

Apel Caramel saus vanille

Bahan :


  • 1 buah Apel
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm vanille saus

Caranya :


  1. Kupas Apel dan cuci bersih, setelah itu potong melingkar.
  2. Guling-gulingkan apel yang telah di kupas tadi kedalam gula pasir lalu goreng sampai keluar karamelnya.
  3. Setelah agak coklat angkat dan letakkan di piring dengan di lumuri saus vanilla di atasnya.

Dienstag, 15. April 2008

Strawberry Salat



Bahan :


  • 10 biji Strawberry
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • merica secukupnya
  • balsamico cuka

Caranya :


Cuci Strawberry hingga bersih lalu potong-potong sesuai selera, tambahkan garam, gula, merica dan cuka lalu aduk rata dan sajikan.


NB: Salat ini baik untuk diet

Sayur lodeh campur


Bahan :

  • 3 buah terung
  • 1 buah labu ukuran sedang
  • 100 gram buncis
  • 100 gram rebung di iris sesuai selera
  • 300 daging sapi /tetelan
  • 500 ml santan
  • 500 ml air

Bumbunya :

  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 cm kencur
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt terasi goreng
  • 1 cm lengkuas
  • 5 buah cabe hijau
  • 4 buah cabe merah
  • garam secukupnya
  • 1 sdt gula merah

Caranya :


  1. Rebus daging/tetelan ke dalam 500 ml air hingga empuk (buang buih dari daging).
  2. Masukka rebung, labu, daun salam, lengkuas ke dalam rebusan daging tadi biarkan hungga lembek.
  3. Setelah lembek masukkan santan, buncis, terung, gula merah terasi dan semua bumbu yang sudah di haluskan masak hingga matang lalu sajikan.
  4. Sayur lodeh ini di sajikan dengan nasi, tempe goreng atau tahu goreng lebih enak lagi dengan ikan asin.

Strawberryshake



Bahan :


  • 10 biji Strawberry
  • 1 liter susu
  • madu sesuai selera
  • es batu dadu secukupnya

Caranya:

  1. Buang daun strawberry dan cuci hingga bersih lalu blender bersama susu juga es batu dadu.
  2. Setelah halus masukan madu ke dalam shake tadi dan sajikan.

Montag, 14. April 2008

Dadar Gulung

Bahan :

Untuk kulit:

  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 25 cc air daun suji/air biasa
  • 200 cc santan

Untuk isinya :


  • 150 gram kelapa parut
  • 150 gram gula merah
  • 100 cc air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam
Caranya :

Untuk isinya :
  1. Campur semua bahan aduk hingga rata lalu masak hingga matang hingga air terserap abis lalu angkat dan dinginkan.

Untuk Kulitnya :



  1. Campur tepung terigu, telur, garam, dair daun suji atau air biasa aduk hingga rata, setelah rata masukan sedikit demi sedikit santan ke dalam adonan sambil aduk terus hingga adonan halus.

  2. Setelah rata dadar tipis adonan tadi dengan garis tengah 20 sm, lalu sisihkan dan dinginkan.

  3. Ambil dadar adonan tadi dan isi dengan adonan kelapa tadi lalu gulung.

Es Santan kilat



Bahan :
  • 100 ml santan
  • gula secukupnya
  • 100 whipped cream
  • 100 nangka kaleng yang sudah di iris dadu
  • 100 gram rambutan kaleng yang sudah di iris dadu
  • 1 lembar daun pandan
  • es batu yang sudah di lembutkan
Caranya:


  1. Rebus santan dengan daun pandan dan dinginkan.
  2. Setelah santan dingin masukkan dengan bahan lain lalu blender hingga halus.
  3. Hidangkan dan hiasai sesuai selera.