Mittwoch, 16. Mai 2007

Mie ayam bakso

Kalau makan mie ayam jadi teringat Mie Ayamnya Mbak Tumini Semarang langganan keluargaku, soalnya kalau yang beli keluargaku pasti dapet ayamnya banyak juga tulangnya, adikku Arin biasanya yang suka minta tulang sampai tulang bagianku di sikat juga, makanya dia awet kurus karena suka makanin tulang eh.....apa hubungannya yah??. makanya daripada ngiler dot com temanya mending bikin mie ayam sendiri malah puas makannya dan di tambahin bakso lagi hmmm.........lecker abis deh.

Dulu yang hubby cuma ngelihat aja kalau aku dan Patrick lagi makan sekarang dianya yang ketagihan minta aku bikinin mie ayam terus bok......nggak bosen-bosen setelah sekali nyobain sekali eh ketagihan minta terus makanya aku bilang, "Mister cobain dulu dong......jangan langsung bilang nggak suka?" dianya hanya senyum simpul sambil berlalu.

bahannya untuk ayam :

1 kg dada ayam tanpa tulang dan kulit
4 biji daun bawang
1 bawang bombay
1 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
!/2 sdt kecap manis
1/2 sdt saus tiram

bahan untuk bakso :

500 gr daging sapi, haluskan hingga lembut
2 butir putih telur
4 sdm tepung maizena
3-4 siung bawang putih, haluskan
air esk
aldu atau bumbu penyedap
merica halus
garam
Air buat merebus
daun bawang

cara membuat ayamnya :

  1. cuci dada ayam tadi potong korek api sedang, jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis.
  2. tumis semua bumbu yang ada.....hingga harum setelah itu masukkan potongan dada ayam tadi lalu aduk hingga rata, abis itu masukkan saus tiram dan kecap manis masak hingga matang.
  3. setelah matang baru masukkan daun wanag tadi dan jangan terlalu rama di masak jadi daun bawangnya terlihat masih segar.

cara membuat bakso :
  1. aduk semua bahan hingga tercampur.
  2. siapkan air yg telah mendidih dan masukan daun bawang yg sudah di potong kecil-kecil.
  3. pegang sendok di tangan kiri, sedangkan adonan di tangan kanan,kemudian remas dan keluarkan adonan tersebut dari sela-sela ibu jari dan telunjuk, lalu sendok dengan tangan yg sebelah kiri. baru masukkan adonan tersebut ke dalam air mendidih yang udah dimasak dengan garam, merica dan taburan daun bawang.

NB: dapat di hidangkan dengan mie instan dan acar mentimun.

Keine Kommentare: