Mittwoch, 16. Mai 2007

pure kembang kol dan pergedel daging


Resep masakan ini kudapat dari mama mertua, maklum saat hamil Patrick dulu aku nggak bisa makan apalagi masak, makanya setelah melahirkan mama yang sering masakin buat aku termasuk menu ini. Tapi setelah bisa makan aku pengen bisa masak sendiri masakan jerman ataupun masakan INDO makanya sampai sekarang belajar terus supaya pinter masak biar di sayang anak sama hubby.

bahan pergedel :

500 gram daging sapi giling
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt maggi/royco
1 siung bawang bombay
1 butir telur
1/2 sdt moster


bahan saus utk pergedel :

100 ml air panas
1 sdm tepung terigu
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt bumbu penyedap

bahannya kembang kol :

500 gram kembang kol
500 kentang
100 ml susu cair
25 gram margarin
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1/2 sdt pala

caranya bikin pergedel :
  1. potong bawang bombay kecil-kecil dan tipit-tipis, setelah itu masukkan kedalam daging dan aduk menjadi satu dengan bumbu di atas, setelah itu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan
  2. setelah selesai mengoreng.....sisa minyaknya di apkai untuk bikin bahan saus pergedel dagingnya. Masukkan tepung terigu ke dalam minyak panas tadi lalu aduk sampai rata, kalau sudah siram dengan air panas lalu masukkan garam, merica royco sdan bumbu penyedap sesuai selera, setelah matang masukkan pergedel daging ke dalam saus tadi masak sebentar lalu angkat.

caranya bikin pure kembang kol :

  1. cuci kembang kol yang udah di potong lalu masak dalam air panas yang udah di kasih garam hingga lunak tapi jangan sampai lembek.
  2. setelah matang tiriskan dan pisahkan dengan airnya, tapi ingat airnya jangan di buang karena kita pakai untuk bahan sausnya.
  3. panaskan margarin dalam panci, setelah meleleh masukkan susu cair setelah di aduk rata masukkan pala, garam dan merica juga kembang kol yg udah dimasak tadi. Aduk terus hingga rata setelah matang angkat.
  4. menu di atas dapat di hidangkan dengan kentang yang telah di rebus, SELAMAT MENCOBA.

Keine Kommentare: